Setiap moment selalu membawa pelajaran bagi pelaku khususnya, dan untuk orang lain pada umumnya. Setiap hal baru pasti akan menimbulkan berbagai persespsi masing-masing, jika tidak ada pengenalan atau sosialisasi pada unsur-unsur pelaksana khususnya. Seperti halnya pembelajaran mendalam atau deep learning yang mulai dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2025/2026. Seperti yang sudah diketahui bersama, pembelajaran mendalam (deep learning), dalam konteks pendidikan, adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman konsep secara mendalam, bukan sekadar menghafal atau menguasai materi secara permukaan. Pendekatan ini melibatkan pemikiran kritis, refleksi, dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata. Selama ini kami (saya khususnya) hanya meraba atau mempelajari dari informasi-informasi melalui media massa/sosial, membayangkan bagaimana pelaksanaan deep learning dalam kelas, supaya bisa menumbuhkan pembelajaran yang menyenangkan, dengan penuh kesadaran dan bermakna bagi murid.
Hari ini Rabu tanggal 13 agustus 2025 saya mendapatkan pengalaman langsung bagaimana seorang guru melaksanakan pembelajaran mendalam melalui kegiatan On the Job Training dengan nara sumber Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cilongok, bapak Trisnatun, M.Pd dengan tema Sosialisasi Hasil Pembelajaran Mendalam dan Revisi Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian. Pada kegiatan OJT ini, Kepala Sekolah langsung mengimplementasikan pembelajaran mendalam.
Awal pertemuan nara sumber (sebagai Guru) mengkondisikan para peserta (murid) supaya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, mengabsen kehadiran peserta, dan memberikan pengarahan apa yang akan dipelajari dan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Para peserta sudah terlihat mulai antusias dengan dipanggilnya tiga orang peserta untuk maju ke depan sebagai pemantik peserta yang lain untuk membentuk kelompok diskusi.ketiga kelompok diberi nama kelompok Pinter, Bener dan Pener.
Sebelum memberikan kegiatan inti guru memberikan tugas pada tiap peserta untuk membuat yel-yel dan langsung dipraktekkan secara bergantian. Setelah itu masing-masing kelompok diberikan tugas yang sama yaitu diskusi mengenai materi penyusunan visi, misi, dan tujuan dari misi sekolah. Masing-masing anggota kelompok diberikan tugas untuk merangkum materi yang telah dibagi oleh ketua kelompok. Semua anggota kelompok terlihat antusias mengerjakan tugas masing-masing, setelah itu hasil pekerjaannya disatukan untuk dibuat laporan yang akan dipresentasikan.
Setelah waktu berdiskusi selesai, perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan atau perbaikan. Dari hasil diskusi ketiga kelompok, membuat saya lebih memahami bagaimana cara menyusun visi, misi dan tujuan sekolah dengan baik supaya dapat meraih tujuan yang diimpikan bersama Satuan Pendidikan.
Pembelajaran mendalam belum berhenti disitu, guru kembali memberikan tugas untuk merefleksikan visi, misi dan tujuan sekolah tahun lalu, apakah sudah sesuai dengan pembelajaran mendalam yang memiliki 8 Dimensi Profil kelulusan atau belum. Kelompok Pinter mendapatkan tugas merefleksi visi sekolah, kelompok Bener merefleksi misi sekolah dan kelompok Pener merefleksi tujuan sekolah.
Dari hasil diskusi ketiga kelompok, setelah dipresentasikan ternyata ada misi yang belum relevan sehingga harus ada penyelarasan atau dihilangkan, visi sudah sesuai dengan Dimensi profil kelulusan, tujuan sekolah masih ada yang harus diselaraskan atau disesuaikan.
Diakhir sesi, nara sumber memberikan pemantik pada para peserta untuk mengganti visi sekolah dari BERADAB, KOMPETEN, KREATIF, INOVATIF menjadi “Mewujudkan peserta didik yang cerdas (pinter), berkarakter (bener), dan mampu mengamalkan ilmunya secara bijak dan tepat (pener) dalam kehidupan nyata". Tugas untuk para peserta membuat misi, tujuan dan strategi sesuai dengan visi sekolah yang baru.
Dari kegiatan hari ini, gambaran mengenai pembelajaran mendalam lebih jelas, karena bisa melihat langsung melalui role model yang dilakukan Kepala Sekolah. Kami yakin bisa mengimplementasikan dalam pembelajaran atau pelayanan pada murid-murid kami di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cilongok.
Cilongok 13 Agustus 2025
Andjar Widjianingsih
Tuliskan Komentar Anda